Trik Membuka Situs WAP Ponsel di Komputer

August042011
Ini merupakan trik lama. Barangkali kalian semua sudah tahu, atau mungkin saja lupa. hehe...biggrin
Trik ini dapat kita gunakan untuk membuka situs WAP ponsel di komputer yang sebagian besar situs WAP ponsel hanya bisa dibuka melalui ponsel.
Coba buka situs Wapdam di komputer ! Tentu tidak bisa bukan ? & situs wapdam tersebut menyuruh kita untuk membukanya di ponsel. Apalagi Ovi Store Mobile , mustahil langsung dibuka di komputer.

Nah, ini dia caranya:

1. Gunakan browser Mozilla Firefox. Kalau belum punya, silahkan download di situs resminya (Mozilla Firefox Indonesia): Mozilla Firefox Indonesia
atau ini Mozilla Firefox English: Mozilla Firefox English
2. Pasang AddOn User Agent Switcher for Mozilla Firefox. AddOn ini dapat dipakai pada Mozilla Firefox versi 1.0 s/d 6.x. Buka alamat ini: User Agent Switcher
Klik "Add to Firefox"
3. Tunggu proses penginstalan AddOn tersebut. Setelah selesai, restart Mozilla Firefox.
4. Cari User Agent ponselmu. Bisa search di Google Indonesia atau cari di Device Atlas
5. Kalau mencari di Device Atlas , masukkan merk & type hp di kolom pencarian (kanan atas). Contoh: Nokia E63
Lalu, klik Search atau tekan Enter pada keyboard.
Ini contoh user agent Nokia E63: Mozilla/5.0 (SymbianOS/9.2; U; Series60/3.1 NOKIAE63/1.0; Profile/MIDP-2.0 Configuration/CLDC-1.1) AppleWebKit/413 (KHTML, like Gecko) Safari/413
6. Copy data user agent tersebut. Klik Alat (pada Firefox) > Default User Agent > Edit User Agent.
Klk New > New User Agent.
Isi parameter setting seperti berikut (isi sesuai type ponsel masing-masing):

* Description: Nokia E63
* User Agent: Mozilla/5.0 (SymbianOS/9.2; U; Series60/3.1 NOKIAE63/1.0; Profile/MIDP-2.0 Configuration/CLDC-1.1) AppleWebKit/413 (KHTML, like Gecko) Safari/413
* App Code Name: Nokia
* App Name: Nokia
* App Version: 5.0 (SymbianOS/9.2; U; Series60/3.1 NOKIAE63/1.0; Profile/MIDP-2.0 Configuration/CLDC-1.1) AppleWebKit/413 (KHTML, like Gecko) Safari/413
* Platform: Symbian OS
* Vendor: Nokia Corp.
* Vendor Sub: Nokia Corp.


Klik OK. Klik OK sekali lagi.
7. Selesai. Sebelum mulai menggunakannya, jangan lupa untuk membersihkan riwayat terakhir supaya user agent dapat berjalan optimal. Klik Alat > Bersihkan Riwayat Terakhir. Jangka waktu riwayat untuk dibersihkan > Semuanya. Centang semua pilihan, lalu klik "Bersihkan Sekarang".
8. Untuk mulai menggunakannya, klik Alat > Default User Agent > Nokia E63
9. Silahkan mengunjungi situs Wapdam atau Ovi Store Mobile.
Taraaaa.......situs tersebut bisa dibuka dengan sukses di Firefox. Silahkan download sepuasnya di situs tersebut. heheee..biggrin

Note:

1. Apabila kamu pengen user agent Opera Mini 6.1.25570 (Symbian OS S60), ini aku sertakan pengaturannya:

* Description: Opera Mini 6.1.25570
* User Agent: Opera/9.80 (Series 60; Opera Mini/6.1.25570/25.685; U; en) Presto/2.5.25 Version/10.54
* App Code Name: Opera
* App Name: Opera Mini
* App Version: 9.80 (Series 60; Opera Mini/6.1.25570/25.685; U; en) Presto/2.5.25 Version/10.54
* Platform: Symbian OS S60
* Vendor: Opera Software ASA
* Vendor Sub: Opera Software ASA


2. Kalau menggunakan user agent Opera Mini, terdapat banyak kelemahan, antara lain: kita tidak bisa mendownload file di Ovi Store Mobile. Situs Wapdam pun tidak bisa mengenali merk & type ponsel kita.
3. Maaf saya tidak menyertakan screenshoot karena resolusi gambar terlalu besar. Umpama diposting di MyWapBlog , hasilnya tentu jelek.
4. Untuk mengembalikan user agent ke versi yang normal (versi Mozilla Firefox), klik Alat > Nokia E63 > Default User Agent.
5. Saya di sini memakai Mozilla Firefox berbahasa Indonesia versi 5.0.1. Silahkan disesuaikan dengan Mozilla Firefox milikmu.
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

11 responses to "Trik Membuka Situs WAP Ponsel di Komputer"

Huda on 10:32 AM, 04-Aug-11

Nyimak aja sob

Fatkhur on 11:45 AM, 04-Aug-11

info bgus sob..bru tau ane
Keep watching on ur blog bradabiggrin

Exodius on 12:24 PM, 04-Aug-11

@Huda Silahkan2,,

@Fatkhur haha...masa baru tau ? hmzzz..
sippp

Emjebe on 12:56 PM, 04-Aug-11

mumet yakin

Exodius on 05:32 PM, 04-Aug-11

wkwkwk...dibaca dulu aja, ga usah dipikir, ntr mengerti dgn sendirinya. prayo ngono to ? :d

Tanpa rasa on 06:31 PM, 04-Aug-11

bagus,keren,manteb,sipp brobiggrin

Exodius on 07:59 PM, 04-Aug-11

makasih bro..biggrin

Jeghir on 11:48 PM, 07-Aug-11

perfectly NOT WORKING on Ovi Store but Thank's

Exodius on 08:38 AM, 08-Aug-11

masa' sih ?
aq nyoba bisa tuh ?!

♣Sandy DroidFreaker♣ on 06:11 PM, 10-May-12

cukup membantu sob
biggrin

Exodius on 07:41 PM, 10-May-12

sip lah biggrin

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images


 
Back to top